Site icon Berita Terkini Perfilman

Review Panggonan Wingit, Film Horor dari Kisah Nyata

Para penikmat film dengan genre horor kini bisa melihat review Panggonan Wingit. Film Panggonan Wingit ini digarap oleh Hitmaker Studios dengan sutradara Guntur Soeharjanto yang sudah terkenal di industri perfilman Indonesia.

Tayang sejak 30 November 2023, Panggonan Wingit digadang-gadang menjadi film horor tersadis akhir tahun ini. Bukan film horor pertama Guntur, karena pada karya sebelumnya pernah merilis Makmum 2 dan Suzzanna.

Pengalaman Guntur dalam membuat penonton penggemar genre horor bisa membuat Panggonan Wingit populer layaknya karya-karya sebelumnya. Tidak asal-asalan, film ini dibintangi oleh Luna Maya dan Christian Sugiono.

Sinopsis dan Review

Kisah awal Panggonan Wingit menceritakan tentang kakak beradik yang pindah dari Jakarta ke Semarang. Raina (Luna Maya) sebagai kakak, Fey (Bianca Hello) menjadi adik memutuskan untuk mengelola hotel warisan ayahnya.

Kepindahan mereka dari ibu kota justru membawa petaka, karena dalam mengelola hotel warisan ayahnya terdapat beberapa larangan. Bahkan kakak adik tersebut harus patuh terhadap larangan yang ada.

Petuah dari nenek Suktini yakni tidak memperbolehkan satu orang sekalipun untuk berada di lantai tiga. Namun Raina yang mendengar suara tangisan dari lantai tiga malah justru penasaran dan ingin mendatanginya.

Review Panggonan Wingit setelah Raina menelusuri lantai tiga, suara tangisan tersebut berasal dari kamar yang tidak memiliki nomor. Raina melihat sosok perempuan berwarna putih yang berbicara dalam bahasa Jawa.

“Telung dino, tengah wengi” merupakan sebuah kutukan dari sosok perempuan kepada seseorang yang melihatnya. Artinya, ketika orang melihat perempuan tersebut akan mati dikuliti di tengah malam dalam waktu 3 hari.

Ketika Raina berusaha keluar dari kutukan tersebut, terdapat bantuan bersama Ardo (Christian Sugiono). Ardo menjadi mantan Raina yang bekerja sebagai wartawan, kebetulan baru menelusuri kasus pembunuhan di hotel tersebut.

Tidak banyak waktu untuk mereka melarikan diri dari kutukan mengerikan setan sosok perempuan berwarna putih tadi. Dengan segala cara yang ada, mereka berusaha menyelesaikan permasalahan tersebut di film Panggonan Wingit.

Panggonan Wingit Berbasis Kisah Nyata

Review Panggonan Wingit selanjutnya banyak yang membenarkan bahwa film ini berbasis dari kisah nyata. Terutama bagi warga Semarang cenderung mencoba mencari hotel horor di film tersebut.

Sorotan publik tertuju pada dua hotel di Semarang yaitu hotel Skygarden hingga hotel Siranda. Kedua hotel tersebut dinilai menjadi inspirasi di cerita Panggonan Wingit, khususnya hotel Sirana tidak beroperasi lagi.

Konon katanya banyak isu pembunuhan di hotel tersebut pada tahun 1990-an. Menarik bukan? Segera nikmati karya dari Guntur di film genre horor terbarunya hanya melalui XXI terdekat.

Anda dapat menikmati peran dari Luna Maya hingga Christian Sugiono dalam menyelesaikan kutukan mereka. Review Panggonan Wingit yang diklaim dari kisah nyata wajib ditonton sekarang juga.

Exit mobile version