Film yang tayang 7 Desember 2023, Rumah Masa Depan ini diadaptasi dari sinetron dengan judul sama pada tahun 80’an. Kesederhanaan film tersebut bukan sebuah kelemahan, tapi sebagai obat rindu drama keluarga.

Di mana mengutamakan nilai kekeluargaan seperti yang sering kali ditunjukkan pada tontonan jaman dulu. Serial yang diputar Minggu di TVRI tahun 80’an ini sangat banyak penggemarnya.

Film yang diperankan Fedi Nuril dan Laura Basuki ini mengusung genre drama romantis dan komedi. Adu akting kedua pemain tersebut pastinya akan menjadi topik utama dalam filmnya.

Rumah Masa Depan

Sinopsis Remake Rumah Masa Depan

Berkisah tentang keluarga harmonis, Sukri (Fedi Nuril), Surti (Laura Basuki), serta kedua anaknya, Bayu (Bima Azriel) serta Gerhana (Ciara Brosnan) berencana liburan. Namun tujuannya justru berubah ke Cibeureum.

Hal tersebut dikarenakan ayah dari Sukri meninggal, Pak Musa (Cok Simbara). Tapi setelah dilakukan pemakaman, Sukri dan keluarga ternyata tidak bisa ke Jakarta langsung.

Ibu Musa (Widyawati) mengalami kasus kriminal serius yakni jadi tersangka pemukulan Kepala Desa di sawah. Sementara Gerhana justru mulai betah, meskipun Bayu menunjukkan jika tidak betah lama-lama di rumah nenek.

Akhirnya Bayu mendapat teman baru, Sangaji (Zayyan Sakha) serta Cempaka (Maisha Kanna). Kedua temannya itu membuatnya betah di Cibeureum, tapi lagi-lagi timbul masalah baru tidak ada habisnya.

Remake dari Rumah Masa Depan ini menghadirkan nostalgia dari serial lamanya yang memang sangat berkesan bagi penonton. Dalam filmnya ada sejumlah elemen di mana tetap dipertahankan, seperti theme song.

Meskipun sudah diaransemen kembali, tapi tetap sama seperti serial lawasnya. Selain itu beberapa nama-nama pemainnya juga masih dipertahankan, bahkan esensi ceritanya juga tidak berubah.

Mempertahankan kampung kelahiran Sukri menjadikannya pondasi kehidupan keluarga kecilnya. Tentu dilakukan penyesuaian zaman, di mana memasukkan sosmed, ponsel, aplikasi, serta canggihnya teknologi.

Review Lengkap Rumah Masa Depan

Danial Rifki merupakan penulis dan sutradara secara bijak menghadirkan beragam jenis konflik dari tiap keluarga, kecuali Gerhana. Menariknya ialah karakter dari Nenek yakni Widyawati.

Dalam film tersebut peranannya sangat penting serta mampu mencuri perhatian penonton, bahkan melebihi Fedi serta Laura. Adanya dendam masa lalu si nenek membuat sikapnya sangat ekstrem pada semua warga desa.

Permasalahan utama dalam film Rumah Masa Depan ini hampir semuanya berasal dari si nenek. Hal tersebut tidak heran, karena serial lawasnya juga sama.

Perbedaan antara film ini dengan keluarga cemara ialah dari karakter yang ada disekeliling pemain utamanya. Pada keluarga cemara, fokusnya pada Abah serta keluarga, tapi film remake ini tidak hanya keluarga.

Melainkan lebih ke nenek, Surti, serta orang kampung yang berhubungan erat satu sama lain. Akan tetapi pada dasarnya kedua serialnya punya misi di mana saat ini mulai langka dijumpai, terutama di kota besar.

Di mana hal tersebut ialah mengenai kesederhanaan di tengah masyarakat tanpa memperhatikan status sosial. Film Rumah Masa Depan mengajak Anda mendalami masalah keluarga di desa tempatnya tinggal dulu.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *